Friday, March 28, 2008

Kreatifitas

KreatifitasBerbicara tentang kreatifitas tidak lepas dari daya seni yang ada pada diri seseorang. Baik itu seni lukis, seni peran, kerajinan tangan dan sebagainya. Suatu objek jika dilihat, maka interpretasi dari setiap masing-masing orang berbeda. Contohnya, seorang pelukis jika melihat suatu pemandangan yang indah di salah satu desa maka dia akan melukis pemandangan tersebut. Seorang cerpenis jika melihat objek yang sama dilihat oleh seorang pelukis maka dia akan menuliskan cerita tentang pemandangan tersebut. Begitupun dengan yang lainnya. Yang akan saya ceritakan adalah tentang kreatifitas kerajinan tangan.Ketika masih duduk di bangku SMA kebetulan saya menjadi salah satu pengurus OSIS, dimana terdapat banyak kegiatan yang sudah diagendakan sebelumnya. Jika ada peringatan Maulid Nabi misalnya, untuk membuat spanduknya itu memakai kain berwarna putih dan tulisannya dibuat dari kertas berwarna (kertas asturo). Kita mengguntingnya sehingga membentuk menjadi huruf-huruf. Kemudian ditempelkan di atas kain berwarna putih itu.Dan sisa-sisa dari pembuatan huruf-huruf tersebut yang berukuran tidak kecil, saya kumpulkan, dan tidak dibuang. Kemudian saya pergunakan untuk membuat figura. Caranya yaitu, dengan menyediakan kardus bekas. Kardus itu digunting, saya bentuk sehingga menjadi bolong tengahnya. Bentuk yang kedua saya bentuk persegi empat saja, dan sebagai pengganjalnya saya gunting kardus lagi sehingga membentuk menjadi empat bagian. Bagian pertama dan kedua bentuknya sama yaitu seukuran panjangnya kardus depan dan kardus belakang. Sedangkan bagian ketiga dan keempatnya bentuknya sama juga yaitu seukuran lebarnya kardus depan dan belakang yang sudah dibentuk itu.Kertas-kertas sisa itu saya tempelkan sebagai pembalut kardus yang sudah dibentuk seperti bentuk figura. Setelah rapih saya bubuhkan lagi di atas kertas yang sudah menempel di kardus tersebut dengan kertas sisa juga. Caranya saya ukir dengan bentuk yang khas. Dengan warna kertas yang berbeda.

No comments: