Tuesday, April 15, 2008

Aktivitas Umum Manusia

Jelaskan apakah pengertian psikologi dari aktivitas umum manusia?
1. Perhatian
Perhatian adalah keaktifan jiwa yang diarahkan kepada sesuatu objek, baik di dalam maupun di luar dirinya. Perhatian berhubungan erat dengan kesadaran jiwa terhadap sesuatu objek yang direaksi pada sesuatu waktu. Terang tidaknya kesadaran kita terhadap sesuatu objek tertentu tidak tetap. Ada kalanya kesadaran kita meningkat (menjadi terang), dan ada kalanya menurun (menjadi samar-samar). Keadaan lapangan kesadaran dan kekuatannya tidak tetap pula, kadang-kadang luas dan kadang-kadang menjadi sempit. Hali itu tergantung pada pengetahuan aktivitas jiwa terhadap objek tersebut.
Taraf kesadaran kita akan meningkat kalau jiwa kita dalam mereaksi sesuatu meningkat juga.
2. Pengamatan
Pengamatan atau persepsi adalah aktifitas jiwa yang memungkinkan manusia mengenali rangsangan-rangsangan yang sampai kepadanya melalui alat-alat inderanya, dengan kemampuan inilah kemungkinan kemampuan manusia/individu mengenali milieu.
Kemampuan pengamatan/persepsi manusia itu tidak hanya terbatas kepada rangsangan yang berasal dari benda-benda atau objek-objek yang berasal dari alam luar. Tetapi juga dapat mengenali rangsangan sakit, lapar dan dahaga yang merupakan fakta-fakta objektif dari dalam diri kita, yang tidak tampak rupanya tetapi gejalanya kita rasakan. Dan proses pengenalan kita dalam hal ini juga dengan pengamatan kita terhadap sesuatu dari alam luar
3. Tanggapan
Tanggapan adalah bayangan atau kesan kenangan dari pada apa yang pernah kita amati atau kenali.segala sesuatu yang pernah kita amati atau alami selalu tertinggal jejaknya atau kesannya di dalam jiwa kita. Hali itu dimungkinkan oleh kesanggupan chemis dari pada jiwa kita. Bekas jejak atau kesan yang tertinggal pada kita itu dapat kita timbulkan kembali (reproduksi) sebagai tanggapan.
4. Fantasi
Fantasi adalah suatu daya jiwa untuk menciptakan tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan tanggapan-tanggapan yangt sudah ada pada diri kita. Jadi cirri khas dari gejala jiwa ini adalah unsur menciptakan sesuatu yang baru dalam jiwa.
5. Ingatan
Ingatan adalah kekuatan jiwa untuk menerima, menyimpan dan memproduksikan kesan-kesan. Jadi ada 3 unsur dalam perbuatan ingatan, adalah : menerima kesan-kesan, menyimpan dan mereproduksikan.
Dengan adanya kemampuan untuk mengingat pada manusia ini berarti ada suatu indikasi bahwa manusia mampu untuk menyimpan dan menimbulkan kembali dari sesuatu yang pernah dialami.
6. Berpikir
Berpikir adalah aktifitas jiwa yang mempunyai kecenderungan final (final tendency) yaitu pemecahan persoalan yang dihadapi. Untuk mencapai tujuan itu dalam kegiatan berpikir kita menggunakan pengalaman-pengalaman yang telah ada pada diri kita. Berpikir itu adalah suatu akta psikis yang bersifat dinamis, dimana individu itu sendiri yang merupakan penggerak prosesnya.
6. Perasaan
Perasaan sebagai fungsi jiwa adalah mempunyai arti memulai terhadap situasi dimana dengan kita berpadu secara pribadi. Situasi-situasi yang menyenangkan kita nilai secara negatif.
7. Motif
Motif adalah dorongan atau kekuatan dari dalam diri seseorang yang mendorong orang untuk bertingkah laku atau berbuat sesuatu untuk mencapai suatu tujuan tertentu

No comments: